Makalah tentang MANUSIA DAN PERADABAN

Disusun untuk memenuhi sebagian tugas terstruktur mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar yang dibimbing oleh Bpk Miskawi, M.Pd
oleh :
Kelompok II
1.     Dinta Niken W. (52142022)
2.     Hindria Gandi (52142033)
3.     Mariatul Kiptiah (52142048)

Program Studi : Pendidikan Biologi
Fakultas : KIP
Universitas 17 Agustus 1945
Tahun 2014



i


KATA PENGANTAR
     Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan paper Pengantar Teknologi Informasi dapat diselesaikan dengan tepat waktu tanpa ada halangan yang berarti.
     Makalah disusun berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, materi yang dibahas dalam makalah ini sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Materi yang kami susun dalam makalah ini adalah Manusia dan Peradaban yang kami susun dengan sistematika yang baik dan jelas serta di tulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.
     Akhir kata, kami menyadari “tak ada gading yang tak retak” juga makalah ini tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca makalah ini terutama rekan - rekan sekalian demi tercapainya pembelajaran Ilmu Sosial dan Budaya Dasar khususnya di bidang Manusia dan Peradaban.











ii


DAFTAR ISI

Halaman Judul     ..................................................   i
Kata Pengantar     ..................................................   ii
Daftar Isi              ...................................................   iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar  Belakang        ..............................   1
1.2  Rumusan  Masalah   ..............................   2
1.3  Tujuan  Penulisan     ..............................   2
BAB II MANUSIA DAN PERADABAN
2.1   Pengertian Adab dan Peradaban ..... 3
2.2   Pengertian Manusia sebagai Makhluk Beradab dan Masyarakat Adab............ 3-4
2.3  Evolusi Budaya dan Wujud Peradaban Dalam Kehidupan Sosial             Budaya ....................... 4
2.4  Wujud Peradaban .................... 5
2.5  Peradaban dan Problematikanya bagi Kehidupan Manusia ..... 5-6
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan  .............................................. 7
3.2  Saran  ........................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA  ............................................. 8






iii

BAB I        PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Manusia merupakan makhluk yang mempunyai akal, jasmani dan rohani. Melalui akalnya manusia dituntut untuk berfikir menggunakan akalnya untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Melalui jasmaninya manusia dituntut untuk menggunakan fisik atau jasmaninya melakukan sesuatu yang sesuai dengan fungsinya dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dan melalui rohaninya manusia dituntut untuk senantiasa dapat mengolah rohaninya yaitu dengan cara beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
Antara manusia dan peradaban mempunyai hubungan yang sangat erat karena diantara kuanya saling mendukung untuk menciptakan suatu kehidupan yang sesuai kodratnya. Suatu peradaban timbul karena ada yang menciptakannya yaitu diantaranya faktor manusianya yang melaksanakan peradaban tersebut.
Suatu peradaban mempunyai wujud, tahapan dan dapat berevolusi atau berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dari peradaban pula dapat mengakibatkan suatu perubahan pada kehidupan sosial. Perubahan ini dapat diakibatkan karena pengaruh modernisasi yang terjadi di masyarakat.
Masyarakat yang beradab dapat diartikan sebagai masyarakat yang mempunyai sopan santun dan kebaikan budi pekerti. Ketenangan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian sebagai makna hakiki manusia beradab dalam pengertian lain adalah suatu kombinasi yang ideal antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum.






1


Dalam rangka melaksanakan tugas matakuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, maka kami membuat makalah tentang Manusia dan Peradaban untuk mengetahui tentang pengertian adab dan peradaban, mengetahui pengertian manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat beradab, mengetahui pengertian evolusi dan apa saja tahapan-tahapan peradaban, mengetahui pengertian dan cakupan kebudayaan sosial, mengetahui apa saja wujud dari peradaban, mengetahui pengertian tradisi, modernisasi dan masyarakat madani, mengetahui pengertian ketenangan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian
sebagai makna hakiki manusia beradab, dan mengetahui problematika peradaban bagi kehidupan manusia.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah pengertian dari adab dan peradaban?
2.      Apakah pengertian manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab?
3.     Apa yang di maksud evolusi Budaya dan Wujud Peradaban Dalam Kehidupan Sosial Budaya ?
4.      Bagaimanakah wujud peradaban?
5.      Apakah problematika peradaban bagi kehidupan manusia?

1.3  Tujuan dan Manfaat
1.      Mengetahui pengertian adab dan peradaban.
2.      Mengetahui pengertian manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab.
3.      Mengetahui pengertian evolusi dan tahapan-tahapan peradaban.
4.      Mengetahui wujud dari peradaban.
5.      Mengetahui tentang problematika peradaban bagi kehidupan manusia.



2


BAB II   MANUSIA DAN PERADABAN
                   2.1  Pengertian Adab dan Peradaban
Ø  Menurut Damono sebagaimana dikutip oleh Oman Sukmana, kata “adab” berasal dari bahasa Arab yang berarti akhlak atau kesopanan dan kehalusan budi pekerti.
Adab erat hubungannya dengan:
·         Moral yaitu nilai nilai dalam masyarakat yang hubungannya dengan kesusilaan
·         Norma yaitu aturan, ukuran atau pedoman yang dipergunakan dalam menentukan sesuatu yang baik atau salah.
·         Etika yaitu nilai-nilai dan norma moral tentang apa yang baik dan buruk yang menjadi pegangan dalam mengatur tingksh laku manusia.
·         Estetika yaitu berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam keindahan, kesatuan, keselarasan dan kebalikan.
Ø  PERADABAN (Civilization) merupakan tahap tertentu dan kebudayaan masyarakat tertentu pula, yang telah mencapai kemajuan tertentu yang dicirikan oleh tingkat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah maju. Konsep Peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu, tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, spiritual yang terlihat pada masyarakat.

2.2   Pengertian Manusia sebagai Makhluk Beradab dan Masyarakat Adab
Ø  Manusia sebagai makhluk beradab artinya pribadi manusia itu memiliki potensi untuk berlaku sopan, berahlak dan berbudi pekerti yang luhur menunjuk pada perilaku manusia. Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugerahi harkat, martabat, serta potensi kemanusiaan yang tinggi.

3


Ø  Sedangkan istilah masyarakat adab dikenal dengan kata lain masyarakat sipil (civil society) atau masyarakat madani. Beberapa makna mengenai istilah ciivil society telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Dari makna tersebut dapat dinyatakan bahwa masyarakat teratur tidak mungkin tanpa peradaban, dan peradaban hanya terwujud dalam masyarakat teratur.

2.3  Evolusi Budaya dan Wujud Peradaban Dalam Kehidupan Sosial Budaya
Evolusi kebudayan ini berlangsung sesuai dengan perkembangan budidaya atau akal pikiran dalam menghadapi tantangan hidup dari waktu ke waktu. Perdaban merupakan tahapan dari evolusi budaya yang telah berjalan bertahap dan berkesinambungan, memperlihatkan kerakter yang khas pada tahab tersebut, yang dicirikan oleh kualitas tertentu dari unsur budaya yang menonjol, meliputi tingkat ilmu pengatahuan, seni, teknologi, dan spiritualitas yang tinggi.
Dinamika Peradaban Global Alvin toffler menganalisis agar meningkatkan efesiensi dan pembaharuan dan peradaban masyarakat akibat majunya ilmu dan teknologi. Dalam bukunya the third wave (1981), ia menyatakan bahwa gelombang perubahan peradaban umat manusia sampai saat ini mengalami tiga gelombang yaitu :
1.      Gelombang pertama sebagai tahap peradaban pertanian, dimana dimulai kehidupan baru dari budaya meramu ke bercocok tanam (revolusi agraris) mulai 800 SM - 500 M.
2.      Gelombang kedua sebagai tahap peradaban industri penemuan mesin uap, energi listrik, mesin untuk mobil dan pesawat terbang (revolusi industri) mulai 1500 M - 1970 M.
3.      Gelombang ketiga sebagai tahap peradaban informasi. Penemuan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dengan komputer atau alat komunikasi digital  mulai 1970 M – sekarang.

4


2.4   Wujud Peradaban
Peradaban sebagai wujud kebudayaan yang bersifat non – materiil, seperti adat sopan santun pergaulan dalam menjalani hidup dan kehidupan ini manusia senantiasa memegang teguh nilai-nilai yang ada, baik berupa moral, norma, etika, dan estetika.
1.      Moral adalah nilai – nilai dalam masyarakat dalam hubungannya dengan kesusilaan. Moralitas adalah sistem nilai tentang bagaimana seseorang harus hidup secara baik sebagai manusia, dan sekaligus merupakan petunjuk kongkrit yang siap pakai tentang bagaimana seseorang itu harus hidup.
2.      Norma adalah suatu aturan yang terdapat disuatu daerah tertentu.
3.      Etika merupakan suatu ajaran yang melakukan refleksi kritis atas norma ajaran moral. Tugas etika adalah mencari ukuran baik buruknya bagi tingkah laku manusia.
4.      Estetika baerarti teori tentang keindahan dan seni. Manusia memiliki sensibilitas esthethis, karena itu manusia tak dapat dilepaskan dari keindahan. Manusia membutuhkan keindahan dalam kesempurnaan (keutuhan) pribadinya. Tanpa estetika ini, kemanusiaan tidak lagi mempunyai perasaan dan semua kehidupan akan menjadi steril.
2.5  Peradaban dan Problematikanya bagi Kehidupan Manusia
Arus modernisasi dan globalisasi adalah sesuatu yang pasti terjadi dan sulit untuk dikendalikan, terutama karena begitu cepatnya informasi yang masuk ke seluruh belahan dunia, hal ini membawa pengaruh bagi seluruh bangsa di dunia, termasuk di dalamnya bangsa Indonesia.





5


Akibat globalisasi diantaranya masyarakat mengalami anomi atau tidak punya norma atau heteronmy atau banyak norma sehingga terjadi kompromisme sosial terhadap hal-hal yang sebelumnya dianggap melanggar norma tunggal masyarakat. Selain itu juga terjadinya diorientasi atau alienasi.
Kemajuaan bidang teknologi, komunikasi dan informasi yang demikian pesat sebagai sebuah perkembangan peradaban manusia kadang kala menimbulkan problematika bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh (handphone) dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya, dapat memberikan manfaat yang sangan besaar kalau digunakan secara baik, tetapi sebaliknya jika digunakan secara tidak baik akan menimbulkan dampak negatif.
Pertumbuhan dan perkembangan demografi, juga berpotensi menimbulkan problematika bagi adab dan peradaban manusia. Jumlah penduduk yang berkembang, dengan cepat jika tidak diimbangi dengan tersedianya lapangan pekerjaan yang cukup, justru akan menciptakan gelombang pengangguran.
Oleh karena itu, upaya yang harus dilakukan agar kita mampu membangunan bangsa agar tetap eksis di tengah – tengah arus modernisasi dan globalisasi yang semakin kuat, adalah dengan meningkatkan peran lembaga pendidikan untuk terus menggali ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi tanpa menghilangkan jati diri Indonesia melalui pelestarian nilai – nilai dan moral bangsa Indonesia. 






6

BAB III  PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Kata “adab” berasal dari bahasa Arab yang berarti akhlak atau kesopanan dan kehalusan budi pekerti. Peradaban adalah tahapan tertentu dari kebudayaan masyarakat tertentu pula, yang telah mencapai kebudayaan tertentu pula, yang telah mencapai kemajuan tertentu yang dicirikan oleh tingkat ilmu pngetahuan, teknologi dan seni yang telah maju.
Untuk menjadi makhluk yang beradab, manusia senantiasa harus menjunjung tinggi aturan aturan, norma norma, adat istiadat, ugeran dan wejangan atau nilai nilai kehidupan yang ada di masyarakat yang diwujudkan dengan menaati berbagai pranata sosial atau aturan sosial, sehingga dalam kehidupan di masyarakat itu akan tercipta ketenangan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian.
Peradaban sebagai wujud kebudayaan yang bersifat non – materiil, seperti adat sopan santun pergaulan dalam menjalani hidup dan kehidupan ini manusia senantiasa memegang teguh nilai-nilai yang ada, baik berupa moral, norma, etika, dan estetika.
3.2  Saran
Dengan pengertian adab dan peradaban yang disampaikan diatas   bahwa adab dan peradaban di masyarakat memiliki peran yang sangat peting dalam kehidupan masyarakat dan sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Dari makalah ini diharapkan kita bisa belajar dan mengerti akan peradaban, sehingga bisa diterapkan di kehidupan sehari – hari.




7


DAFTAR PUSTAKA
http://www.policy.hu/suharto/modul_a/makindo_16.htm
http://indonetasia.com/definisionline/?p=974
http://ojs.lib.unair.ac.id/index.php/JID/article/view/2154
http://www.google=pengaruhglobalisasiterhadapeksistensikebudayaandaerah.com
http://siskadwimeikuri.blogspot.com/2013/11/ilmu-sosial-dan-budaya-dasar-manusia.html



















8

Komentar

  1. Casino Junket Casino | DRMCDC
    Casino Junket Casino. Dr. 공주 출장안마 Montgomery. Montgomery, AL 38203-8664. Call: 동두천 출장안마 (800) 천안 출장마사지 357-7777 김해 출장안마 Website: 당진 출장안마 www.downtowngrandstandcasino.com.

    BalasHapus

Posting Komentar