INDAHNYA AIR TERJUN TELUNJUK RAUNG BANYUWANGI



Air Terjun Telunjuk Raung yang letaknya berada di kaki gunung raung yang terkenal mistis dan sering meletus.  Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum,Kec.Songgon, Banyuwangi atau berjarak 40 KM dari pusat kota banyuwangi dengan waktu tempuh 1 setengah jam dengan kendaraan bermotor.
 Jalan untuk menuju lokasi air terjun sudah diperbaiki meskipun tidak beraspal, tetapi mobil bisa melewatinya dan lumayan lebar jalannya.  Jalan seperti ini akan wisatawan lewati setelah melewati pos pemantauan gunung raung dan juga akan melewati perkebunan tebu yang sangat luas. Sesampainya di tempat parkiran, wisatawan akan diberi kartu parkir yang nantinya akan digunakan untuk pengecekan kendaraan disaat pulang. Untuk biaya parker hanya di bandrol Rp 5000 saja dan sudah termasuk biaya masuk tempat wisata.
Di tempat parkiran juga terdapat rumah pohon yang pastinya menawarkan sejuta keindahan saat kita naik keatas rumah pohon tersebut. Jangan khawatir untuk naik rumah pohon tidak ada biaya tambahan. Disana terdapat dua rumah pohon buatan yang pastinya terbuat dari kayu jati yang berasal dari sekitar lokasi air terjun tersebut. Jadi, kita dari atas dapat berselfi ria dengan background pohon-pohon yang hijau dan membentang luas.

Namun untuk menuju air terjunnya wisatawan harus berjalan kaki. Ketika berjalan kaki, wisatawan akan dibuat takjub dengan suasana hutan yang masih asri dan alami. Setelah berjalan kaki melewati jembatan, wisatan akan menemukan sebuah kolam agak besar yang bisa wisatawan gunakan untuk mandi atau hanya sekedar main air saja, tentunya air yang ada disini sangatlah dingin karena langsung berasal dari sumber mata air gunung raung. Adanya kolam ini juga menandakan wisatawan sudah dekat dengan Air Terjun Telunjuk Raung.

Dinamakan Air Terjun Telunjuk Raung dikarenakan aliran air terjunnya seperti telunjuk dan kata Raung sendiri diambil karena lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Raung. Warga sekitar meyakini jika wisatawan mandi dengan air dari air terjun ini bisa membuat awet muda.

Komentar