Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
           Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.
            Perpustakaan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Banyak yang mengharuskan mahasiswa mencari atau membaca buku untuk mendapat informasi yang seluas-luasnya. Jadi, perpustakaan sangat berperan penting bagi dunia pendidikan termasuk kelengkapan koleksi buku yang terdapat diperpustakaan sangat membantu para mahasiswa untuk mengetahui informasi yang terbaru dalam berbagai bidang.

Komentar